Notification

×
Kunjungi Pengiklan

Rute Wisata Geopark Meratus Ditawarkan ke Warga Jatim

Minggu, 15 Oktober 2023 | Minggu, Oktober 15, 2023 WIB Last Updated 2023-10-16T05:50:18Z



Surabayasatu.net - Pengelola Geopark (Taman Bumi) Meratus di Kalimantan Selatan menjual keindahan sejumlah objek wisata di Kalimantan Selatan warga Jawa Timur.

Selama dua hari Pemprov Kalimantan Selatan mengajak agency travel untuk menunjukkan keindahan Kalimantan Selatan khususnya rute Geopark Meratus.

“Kami sengaja mengenalkan wisata untuk warga Jatim, agar mereka juga tahu bahwa di Kalimantan juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik,” kata Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana di Surabaya di Surabaya, kemarin.

Menurut Hanifah, terdapat empat rute yang bisa diakses oleh wisatawan mulai dari Utara, Barat, Timur dan juga Selatan. Setiap rute memiliki belasan situs dengan keunikan dan keistimewaan sendiri-sendiri.

Salah satunya susur Sungai Barito dimana wisatawan bisa melihat pasar apung yang menjadi salah satu andalan dunia pariwisata.
Ada juga situs budaya Dayak yang menggambarkan jiwa Borneo.

Di rute yang lainnya juga melihat pengalaman mengunjungi hutan hujan tropis dimana saking lebatnya vegetasi wisatawan akan berjalan di atas lumut.

“Jadi di setiap rute wisata yang ditawarkan selalu memiliki keunggulan dan potensi wisata bisa dinikmati masyarakat yang berkunjung,” katanya.

Bahkan, terdapat satu rute yang selama perjalanan bisa menikmati proses pertambangan dan menggosok intan. “Biasanya mereka menyukai hal hal alami seperti ini,” ujarnya.

Pihaknya juga melakukan pengembangan destinasi wisata, investasi, dalam rangka membangkitkan pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Salah satu agen travel yang ikut dalam acara tersebut, CEO Shafwah Group Muhammad Helmi mengatakan ada banyak paket yang ditawarkan bagi masyarakat Jatim yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan.

"Kami mengkoneksikan jaringan penerbangan dan perhotelan. Membuat dan membangun jaringan dengan pelaku wisata," ujarnya.

Paket wisata khusus berdasarkan rute Geopark Meratus, membuat pelatihan kompetensi tour leader, kompetensi hospitality, membuat program public speaking serta membuat dan menerbitkan sertifikasi.**SO
 

×
Berita Terbaru Update