Notification

×
Kunjungi Pengiklan

Keren, Gubernur Khofifah akan Menerima Sertifkat Geoprak Ijen di Maroko

Minggu, 09 Juli 2023 | Minggu, Juli 09, 2023 WIB Last Updated 2023-07-09T12:49:22Z

 

Surabayasatu.net - Kawah Gunung Ijen telah ditetapkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO. Menurut rencana sertifikat penyerahan penetapan itu akan diterima Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Maroko.

 

‘”Insya Allah akan diterima langsung oleh Gubernur Jatim di Maroko,” kata Ketua Tim Pengelolah Ijen Geopark M. Yasin kepada wartawan di Kawasan Kawah Gunung Ijen, Sabtu (8/7). 

 

Kepala Bappeda Jatim ini mengatakan sete;ah ditetapkan menjadi Global Geopark, berbagai pembenahan akan dilakukan di Kawasan tersebut. Dipastikan, wisatawan manca negara maupun wistawan nusantara akan berbondong bodong ke Ijen.

 

Pihaknya berupaya menambah fasilitas serta meningkatkan pelayanan, demi kenyamanan wisatawan, baik lokal maupun internasional yang berkunjung di kawasan Kawah Ijen.

"Tentunya memang sarana prasarana. Maka ini salah satu dari Proyek Strategis Nasional bagaimana kita mengembangkan sekitar wilayah Ijen untuk pengembangan pariwisata ini dengan sarana prasarana, utamanya adalah infrastruktur," katanya, Sabtu (8/7/2023).

Bahkan, Ijen Geopark kini juga masuk sebagai proyek strategis nasional, sehingga diharapkan untuk pembangunan infrastruktur tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupten maupun Provinsi, tetapi juga APBN.

"Dengan penetapan identitas sebagai Global Geopark ini memudahkan kita untuk mendapatkan pendanaan tidak hanya dari APBD Provinsi dari APBD Kabupaten tapi juga pendanaan dari pemerintah pusat APBN juga dari UNESCO tentunya," imbuhnya.

Ada dua keunikan dan keunggulan yang dimiliki oleh Ijen Geopark, dan tidak dimiiki gunung lain di Dunia. Antara lain, terdapat fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia, yakni di Banyuwangi dan Islandia.

Kemudian yang kedua adalah danau dengan kadar keasaman yang tertinggi didunia, sehingga memiliki warna biru yang indah ketika dilihat dari ketinggian.

 

Sebagiaman diketahui Geopark Ijen telah dinyatakan lolos dengan nilai terbaik di antara geopark lainnya di dunia. Pengumuman dan pengesahan resmi Geopark Ijen sebagai Unesco Global Geopark (UGGp) dilaksanakan pada agenda 216th Session of the Executive Board yang berlangsung di Markas UNESCO di Paris, Prancis, Rabu, 24 Mei 2023 lalu. **SO

  

×
Berita Terbaru Update