Notification

×
Kunjungi Pengiklan

Sambel Trasi, Racikan Chef Gubernur Khofifah

Jumat, 09 September 2022 | Jumat, September 09, 2022 WIB Last Updated 2022-09-10T05:35:09Z

Gubernur Khofifah Indar Parawansa, menjamu para Kepala OPD Pemprov Jatim makan malam dengen menu sambel trasi. Tampak, Kepala Dinas Pertanian dan KP Provinsi Jatim, Hadi Sulistyo dan Kepala Inspektorat Pemprov Jatim Helmy Perdana Putra. 

 

Surbayasatu.net - Jamuan makan malam di Gazebo Gedung Negara Grahadi agak lain dibandingkan jamuan makan sebelumnya. Biasanya menu yang disajikan, rawon, bakso, sop iga atau soto ayam.

 

Namun, malam itu menu sangat beda. Bukan hanya beda menunya tapi juga bedanya yang memasak atau chefnya. Banyak penasaran dengan sajian yang disajikan di meja makan.

 

Mereka yang datang terkejut, saat melihat menu yang disajikan. Kali ini sangat berbeda. Sederhana tapi mendatangkan selera makan luar biasa. Tak mengherankan bila banyak yang makan harus tambah lagi.

 

Anehnya lagi, menu lain seperti rawon, bakso maupun iga sapi, tidak ada yang menyentuh. Kalau saja ada yang makan menu itu, jumlahnya sangat sedikit. Jadi terlihat tidak tersentuh.

 

Menu yang disajikan tidak lain. Ikan pindang, tahu, tempe, dipadu dengan sambel trasi dan sedikit sayur  sayuran.  Mereka yang datang pun bertanya tanya, siapa yang memasak menu sederhana ini.

 

Telisik punya telisik, sambel trasi, ikan pindang, tahu dan tempe yang disajikan kepala OPD itu,  tidak lain Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. “Sambel trasinya maknyus,” kata seorang kepala  OPD.

 

Tampaknya malam itu, Gubernur ingin memperlihatkan hasilnya masakannya dihadapan para kepala OPD. Gubernur mengatakan ikan pindang yang disajikan tidak lain dari hasil membeli pedagang ikan di TPI Brondong.

 

“Saya beli 40 kilogram di penjual ikan di TPI,” kata Gubernur. Tampaknya, disela sela kunjungan melihat perkembangan bahan bakar minyak (BBM) di nelayan pasca kenaikan BBM, gubernur menyempatkan membeli ikan pindang. “Jumlahnya cukup banyak, ya kita buat makan ramai ramai,” ujarnya.

 

Sambel trasi yang disajikan murni hasil racikan Gubernur Khofifah. Bahkan, menurut pengakuan staf rumah tangga, Gubernur meracik sendiri mulai meracik sabel sampai mengoreng ikan pindang, khawatir rasanya akan berbeda. 

 

Sambel trasi kemudian dituangkan uleg, ditambah tahu, tempe dan sediit kubis, terong goreng, kemangi dan kacang panjang, sebagai penyedap sambel.  Malam itu ada belasan sambel trasi yang disiapkan. 

 

Bagian rumah tangga menyiapkan nasi putih yang dimasukkan ke penghangat nasi. Saat makan tiba mereka yang hadir berbondong bondong mengambil sambel trasi yang sudah disiapkan di meja makan.

 

“Benar benar nikmat. Gubernur rupanya pandai juga masak. Sambel trasinya bikin kangen, “ kata seorang kepala OPD.

 

Dalam waktu singkat sambel trasi, ikan pindang, tahu dan tempe ludes. Tampaknya,  makanan ini menjadi menu favorit bagi tamu yang hadir malam itu. Mereka pun berharap sajian ini menjadi keseharian, agar ada warna.**SO

 

 

 

 

  

×
Berita Terbaru Update