Notification

×
Kunjungi Pengiklan

Tradisi Unik Diatas KRI Dewaruci

Selasa, 14 Juni 2022 | Selasa, Juni 14, 2022 WIB Last Updated 2022-06-14T09:36:13Z

(Ist)

Surabayasatu.net - KRI Dewaruci memilik sejumlah tardisi unik yang masih jarang diketahui oleh banyak orang yakni, mandi khatulistiwa. Tepat pada pukul 03.30 Waktu setempat dini hari tepat melintasi lintang 0° dilaksanakan kegiatan Mandi Khatulistiwa di laut Maluku,  yang di pimpin langsung oleh Komandan KRI Dewaruci Mayor Laut (P) Sugeng Hariyanto, M. Tr., Opsla., pada Senin (13/6/2022). 


Komandan KRI Dewaruci menerangkan, bahwa Mandi Khatulistiwa merupkan tradisi wajib bagi para taruna dan turuni. Bahkan, sekelas perwira ataupun prajurit yang belum pernah mengikuti prosesi itu, diharuskan melakukannya. Selain Mandi Khatulistiwa. KRI Dewaruci memiliki jamu khas yang diberi nama, jamu Dewaruci. Jamu tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk menghilangkan mabuk laut. “Kalau untuk bahan-bahannya itu rahasia,” Pungkasnya.


Untuk itu seluruh laskar budaya jalur rempah berjumlah 48 Orang yang onboard pada tahap Etape Bau Bau - Ternate Maluku Utara tanpa terkecuali semuanya mengikuti proses pelaksanaan Mandi Khatulistiwa dan minum jamu tradisional KRI Dewaruci.**SO

×
Berita Terbaru Update